Free songs
26
APR
2016

Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Menurut Wikipedia, Mukjizat (Arab معجزة ) adalah perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-Nya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan risalahnya.

Mukjizat merupakan kejadian luar biasa atau kelebihan di luar akal manusia yang tidak dimiliki oleh siapapun, karena mukjizat hanya diberikan oleh Allah kepada para nabi dan rasul-Nya. Sedangkan apabila ada seseorang selain para nabi dan rasul diberikan kejadian yang luar biasa oleh Allah maka itu tidak bisa dikatakan sebagai mukjizat melainkan itu adalah karomah.

Disinilah seringkali kita dengar Kyai, Ustadz, siapapun dan apapun pekerjaannya mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki orang lain. Nah, para pembaca pasti sudah mendengar beberapa mukjizat dari nabi dan rasul Allah SWT. Contohnya saja Nabi Muhammad SAW, tahukah kompasianer mukjizat beliau ditolong laba-laba saat Quraisy mengejarnya? Baiklah saya sedikit menceritakannya.

Kala itu Nabi bersama Abu Bakar r.a berhijrah meninggalkan Mekah. Kaum Quraisy mengejar Nabi dan Abu Bakar hingga bersembunyi didalam sebuah gua diatas bukit Tsur. Ketika bersembunyi, laba-laba merajut sarang di pintu gua. Ketika keluar dari gua, beliau bertemu Suraqah bin Malik bin Ju’syum, salah seorang mengejarnya. Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, Suraqah telah mendekat!” Nabi pun berdoa, “Ya Allah, hindarkanlah kami dari Suraqah.” Seketika itu juga, tanah menelan keempat kaki kuda Suraqah hingga ketiak. Ketika itu, Suraqah berteriak, “Wahai Muhammad, berdoalah kepada Allah agar Dia melepaskan aku. Aku berjanji akan mengusir setiap orang yang akan datang untuk mengejarmu. Dan aku tak akan pernah lagi memusuhimu selamanya.

Mendengar itu, Nabi kembali berdoa “Ya Allah, jika dia jujur maka lepaskanlah dia dari kudanya.” Saat itu juga, Allah melepaskan Suraqah dari kudanya. Ia pun memeluk Islam dam menjadi muslim yang baik. Subhanallah! Sungguh segala sesuatu yang terjadi ada hikmahnya.

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyayang. Bagaimana tidak? Nabi dan Abu Bakar yang sudah tersudut, atas izin Allah Nabi Muhammad diberikan mukjizat melalui doanya. Yaitu dengan tertelan keempat kaki kuda Suraqah hingga Suraqah berbalik melindungi Nabi dan Abu Bakar.

Cerita diatas hanyalah satu dari ratusan mukjizat lainya yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Mulai dari Banyaknya ramalan saat beliau tidur, membelah bulan, mi’raj ke tujuh langit, Isra’ dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan masih banyak lagi.

Kisah mukjizat Nabi Muhammad tersebut saya dapatkan dari Buku Mukjizat-Mukjizat Nabi Muhammad SAW penerbit Turos Pustaka. Sumber buku ini dari Al-Quran dan Hadis, sehingga dapat kita percayai keasliannya. Penulis sendiri, Abdul Aziz bin Muhammad as-Salam adalah seorang ulama ahli tafsir, ushuluddin dan fikih. Semoga akan lebih banyak lagi penerbit mengeluarkan buku-buku klasik seperti mukjizat Nabi dan Rasul, Kisah-kisah sahabat Nabi, dan Kisah-kisah yang memperkuat keyakinan dan ketakjuban. Hingga kita semakin bersyukur kepada Allah SWT. Berkah!

Link : http://www.kompasiana.com/sigitakbar/menelusuri-mukjizat-nabi-muhammad-saw_56f11d83747a61ac140446b2

About the Author

Leave a Reply

*

captcha *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

Power by

Download Free AZ | Free Wordpress Themes