Free songs
26
APR
2016

Pementasan Megatruh Macapat

Joglo Ki Penjawi mempersembahkan:

Acara : Pementasan Megat Ruh Macapat
Waktu : Sabtu, 30 April 2016 pukul 19.30- sampai selesai
Tempat: Joglo Ki Penjawi- Salatiga

Bersama melestarikan kekayaan sastra dan budaya luhur Jawa. Sebuah ijtihad untuk menggali hikmah, petuah dan ajaran-ajaran agama dalam kasusasteraan Jawa. Siapa lagi kalau bukan kita sendiri?

Ketika nyawa telah sampai pada tenggorokan, ketika nyawa akan melepas raga, atau ketika raga akan di tinggal oleh nyawanya, maka tidak satupun dari kita yang bisa menyangkalnya.

Kematian adalah proses dimana manusia akan melepas nyawa dari raganya, atau yang di sebut dalam macapat ialah MEGATRUH. Dan tidak satupun dari kita yang bisa mengetahui kapan datangnya proses yang di sebut Sakaratulmaut, terkecuali Yang Maha Kuasa. Bahkan tidak ada dari kita yang bisa menolong, ibu, bapak, nenek atau orang-orang terdekat sekalipun tidak ada yang sanggup menolong atau menghentikan proses MEGATRUH itu sendiri.

Hanya “ amal dan kebaikan” di dunia inilah yang bisa menolong kita dari peristiwa kematian.

Kita sebagai manusia tidak bisa lari dari hal itu (MEGATRUH). Memang, kematian tidak melihat waktu entah itu pagi, siang, sore ataupun malam. Dan kematian tidak memandang keadaan, entah kita dalam suasana senang, sedih, menderita atau mungkin dalam suasana sakit sekalipun.

Kematian tidak pula melihat kepunyaan apa dan jabatan seperti apa yang kita miliki. Maka kita sebagai manusia “mesti ingat dan waspada” atau dalam bahasa jawanya (Kudu Eling Lan Waspada) dalam menjalani kehidupan yang amatlah singkat ini.
MEGATRUH tidak untuk di takuti, tembang ini hanya mengingatkan kita bahwasanya, kita sebagai manusia bakal kembali pada Yang Maha Kuasa.

About the Author

Leave a Reply

*

captcha *

Share This

Share This

Share this post with your friends!

Power by

Download Free AZ | Free Wordpress Themes