Free songs
Intisari Hadits Qudsi Hard Cover

Intisari Hadits Qudsi (Hard Cover)

Rp55.000

Additional Information

Weight 0.3 kg
ISBN

978-602-1583-42-5

Penulis

Imam al-Ghazali

Halaman

176

Terbit

Mei 2017

Ukuran

11 x 16 cm

Intisari Hadits Qudsi (al-Mawa’idz fi al-Ahadits al-Qudsiyah) merupakan himpunan dari hadits-hadits khusus. Hadits Qudsi memang merupakan hadits yang sangat istimewa. Berbeda dengan hadits Nabi umumnya, makna hadits merupakan wahyu dari Allah. Lafalnya adalah susunan dari Nabi Muhammad saw. Buku ini berisi 38 hadits Qudsi yang penuh dengan untaian nasihat dan hikmah yang patut kita jadikan pegangan.

Penulis buku ini sang Hujjatul Islam, Abu Hamid al-Ghazali. Beliau adalah seorang ulama multidisplin: ahli tafsir, hadits, tasawuf, ilmu kalam, dan bahkan filsafat. Berbeda dengan kitab-kitab al-Ghazali yang lain, kitab ini murni berisi hadits Qudsi saja tanpa catatan dan komentar dari al-Ghazali.

Mengapa? Alasannya jelas. Al-Ghazali sepertinya berpikir bahwa nasihat, hikmah dan pesan-pesan yang ada dalam 38 hadits di buku ini sudah terang benderang. Kalimat-kalimat yang dirangkai oleh Rasulullah sangat fasih, jelas, dan bernas.  Tidak perlu lagi penjelasan tambahan. Hal ini pun menunjukkan kesucian dari hadits Qudsi itu sendiri.

Pembaca akan menemukan nasihat-nasihat dari firman-firman Allah dalam hadits ini yang akan menenangkan hati, menambah kecintaan pada Allah swt. dan menggugah untuk melakukan ketaatan kepada Sang Khalik.

Tentang Penulis:

Al-Ghazali adalah ilmuwan muslim yang menguasai pelbagai disiplin ilmu (polymath). Dia adalah seorang mufassir, ahli hadits, tasawuf, ilmu kalam, filsafat sampai dengan ilmu-ilmu alam. Singkatnya, dia adalah pakar dalam ilmu-ilmu naqli (bersumber dari dalil agama) dan aqli (bersumber dari dalil akal). Dialah ‘ulama yang diberi gelar Hujjatul Islam (Pembawa Bukti Islam), Imam Syafi’i Kedua, dan Mujaddid Abad V Hijriyah.

Imam al-Ghazali adalah ilmuwan Islam dengan karya yang merentang dalam pelbagai disiplin ilmu. Di antara karya-karyanya adalah: At-Ta’liqat, Al-Wajiz f al-Fiqh f al-Madzhabi alImam asy-Syaf’i, Tahdzib al-Ushul, Al-Mustasyfa (Fikih dan Ushul Fikih); Ihya ‘Ulumuddin, Mizan al-‘Amal, Bidayah al-Hidayah, Al-Munqidz Min adhDhalal, Minhaj al-‘Abidin (Tasawuf dan Etika); Al-Iqtishad f al-I’tiqad, Maqashid al-Asna fi Syarh al-Asma` al-Husna, Misykat al-Anwar (Teologi); Maqashid al-Falasifah, Tahafut al-Falasifah, Mi’yar al-‘Ilm, Al-Qisthas al-Mustaqim (Filsafat dan Logika).

Share This
Power by

Download Free AZ | Free Wordpress Themes